Selasa, 18 Oktober 2011

Picture of the day.... (panorama tanggl 17oktb 2011)


Andaikan kita mau menengadah ke langit, menelusuri bintang, menjelajah galaksi, niscaya akan begitu banyak panorama alam yang begitu indah untuk di nikmati…!! Namun manusia hanyalah makhluk dengan kemampuan terbatas, mata kita tak bisa melihat dengan sangat detail tentang panorama alam. Oleh karna itu, kita membutuhkan alat yang bisa membantu kita mengamati alam ini. Dibawah ini adalah foto luar angkasa yang diambil oleh  Hubble Legacy Archive, ESA, NASA tertanggal 18 Oktober 2011


Adapun penjelasan dari gambar ini adalah : 
Terkadang sangat sulit untuk menyembunyikan galaksi di belakang sekelompok galaksi.
Karna Gravitasi cluster terdekat akan bertindak sebagai sebuah lensa besar, menarik gambar dari galaksi yang jauh di sekitar sisi dan sangat mendistorsi mereka. Kasus ini hanya diamati pada gambar yang merupakan hasil dari pemotretan oleh teleskop ruang angkasa HUBBLE. Cluster galaksi ini lebih dikenal dengan nama Para MACS Cluster J1206.2-0847 yang terdiri dari banyak galaksi dan lensing galaksi latar belakang yang berwarna kuning-merah pada busur besar di sebelah kanan.

Pemeriksaan hati-hati gambar akan mengungkapkan setidaknya beberapa galaksi lain pada bagian latar belakang lensanya - banyak muncul sebagai gumpalan memanjang. Gabungan beberapa galaksi (Cluster galaksi) pada bagian latar depan hanya dapat membuat busur mulus seperti jika sebagian besar massanya adalah didistribusikan sebagai materi gelap - dan karena itu tidak terkonsentrasi dalam galaksi cluster yang terlihat.

Menganalisis posisi ini juga memberikan metode astronomi busur gravitasi untuk memperkirakan distribusi materi gelap di dalam cluster galaksi, dan menyimpulkan bahwa ketika konglomerasi besar galaksi mulai terbentuk.

Sumber : http://apod.nasa.gov/apod/ap111017.html

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates